Camp Maulid Al Nabi Muhammad SAW

No comment 378 views

SD ISLAM AL KAUTSAR Full Day School adalah sekolah Islam yang berbasis berakhlaq mulia dan kemandirian, sesuai dengan motto sekolah “Berbudi dan Mandiri”

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Ibu (Mother’s Day) SD Islam Al Kautsar full day school mengadakan serangkaian kegiatan yang dikemas dalam kegiatan yang bertema “Camp Maulid Al Nabi untuk membentuk generasi yang berbudi dan mandiri dengan meneladani akhlaq Nabi”.

Dimana kegiatan ini harus diikuti oleh seluruh siswa-siswi SD Islam Al Kautsar yang terdiri dari siswa kelas 1 dan 2 yang berjumlah 63 siswa, mereka harus bermalam disekolah dengan tujuan untuk membentuk kemandirian siswa.

Kegiatan ini dimulai dengan upacara opening Camp Maulid Al Nabi yang dipandu oleh Bunda Suci Nurul Hidayah, S.Pd.I salah satu Pembina pramuka di SD Islam Al Kautsar. Setelah opening Camp anak-anak diajak untuk mendirikan tenda, setelah tenda berdiri, anak-anak kita ajak untuk sholat ashar berjama’ah seperti biasa sebelum sholat dimulai anak-anak membaca dan menghafalkan surat-surat pendek yang ada di juz amma.

Setelah sholat dan berdo’a bersama-sama, tibalah saat yang ditunggu anak-anak yaitu penjelajahan, “berpetualang“ begitu anak-anak biasa menyebut kegiatan ini. Langit terlihat semakin gelap dan akhirnya turunlah hujan rintik-rintik yang diiringi dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi, namun semangat anak-anak SD Islam Al Kautsar tetap menggelora untuk melanjutkan kegiatan.

Dimulai dengan yel-yel, bernyanyi dan tepuk satu-persatu anak-anak diuji adrenalinnya untuk melatih ketangkasan dan motoriknya dengan berjalan diatas balok satu titian, merayap diatas tanah, kayang, memasuki lorong air dan menyusuri sungai yang ada diarea persawahan sekitar sekolah. Terlihat wajah dari anak-anak yang takut bercampur dengan senang dan bangga karena telah berhasil melewati beberapa rintangan yang telah disiapkan oleh team scout SD Islam Al Kautsar.

Setelah membersihkan diri dan sholat magrib berjama’ah, acara Maulid An-Nabi Camp dilanjutkan dengan do’a bersama dan pemberian santuan kepada 45 anak Yatim Piatu yang telah diundang ke sekolah dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama terutama kepada Yatim Piatu.

Setelah sholat Isya’ berjama’ah dilanjutkan dengan acara peringatan Mother’s Day, dalam acara ini para orang tua mendapatkan pencerahan tentang bagaimana cara untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak, sementara para siswa mendapatkan materi yang mengingatkan kepada mereka tentang kasih sayang orang tua kepada mereka yang takkan pernah dapat terbayar sampai kapanpun, sampai hampir dari semua siswa menangis tersedu-sedu dan akhirnya mereka mendatangi orang tua mereka dengan mengucapkan permohonan maaf atas kesalahan mereka selama ini, berterima kasih atas segala kasih sayangnya dan mengucapkan “Selamat Hari Ibu” kepada bundanya masing-masing teriring do’a dari orang tua yang disertai dengan kucuran air mata semoga menjadi anak yang sholih dan sholiha, bermanfaat dan sukses dunia akhirat. Aamiin…..

Sungguh mengharukan!

No Response

Leave a reply "Camp Maulid Al Nabi Muhammad SAW"