Potret Siswa SD Islam Al-Kautsar

POTRET SISWA SD ISLAM  AL KAUTSAR DI SEKOLAH

Pagi itu pukul 06.30  beberapa siswa datang diantarkan oleh oarang tua turun dari mobil maupun sepada motor ia tak lupa mencium tangan orang tuanya. Kemudian ia berjalan menuju gerbang sekolah dengan wajah ceria mengucapkan salam dan mencium tangan Bapak/ibu guru yang menyambutnya.

Lalu ia membuka pintu kelas dan mengucapkan salam kepada yang ada di kelas dan masuk dengan melangkahkan kaki kanan kemudian menuju mejanya. Setela meletakkan tasnya, ia menuju tempat wudhu untuk melaksanakan sholat dhuha di masjid bagi kelas 4 ,5 dan 6.

Bagi siswa kelas 1,2 dan 3 wajib membawah pakaian ganti busana muslim apabila siswa masih ada yang BAK (ngompol) di kelas atau pakaian seragamnya kotor sehingga tidak bisa dipakai untuk sholat maka gantinya pakain busana mulim yang dibawah untuk melaksanakan sholat berjamaah dan juga seluruh siswa wajib membawah sandal untuk diletakkan disekolah dan simpan di rak sandal atau rak sepatu, gunanya sandal adalah untuk melasanakan sholat.

Sebelum masuk kelas ,siswa meletakkan sepatu dirak sepatu masing-masing kelas, setelah itu  pukul 07.15 seluruh siswa berbaris didepan kelasnya masing –masing dan berdo’a masuk kelas dilanjutkan berjabat tangan dengan teman-temanya, setelah itu siswa membaca surat-surat pendek di Al-Qur’an,kecuali kelas 4,5 dan 6  melaksanakan sholat dhuha di masjid AL KAUTSAR.

Pukul 07.45 sebagian kelas ada yang mengaji dan menerima pelajaran, bagi siswa yang mengaji diajari oleh guru Al-Qur’an sendiri, sesuai kelompoknya masing-masing.

Pada saat pelajaran akan dimulai kelas dalam keadaan bersih dan ketua kelas mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran, pada saat pelajaran dimulai Bapak /Ibu guru selalu berta nya kepada siswa materi pelajaran kemarin dan siswa hanya mengakatkan tangannya tampa bersuara, guru lalu menunjuk salah satu siswa untuk menjawab pertanyaannya yang diberikan oleh guru.

Pada saat jam 11.30 seluruh  siswa menuju ruang makan yang sudah dikemas sehingga terjamin kebersihannya. Menu makan siang warga SD Islam Al Kautsar selalu disosialisasikan diawal bulan yaitu terdiri dari nasi, lauk, sayur, buah dan air mineral. Siswa selalu dalam bimbingan guru dalam pembelajaran makan siang bersama mulai dari membasuh tangan, mempersiapkan alat makan dan makanan, do’a sebelum makan, adab saat makan, do’a setelah makan dan merapikan kembali perlengkapan makannya. Guru memberikan sedikit nasehat akan pentingnya mensyukuri rezeki, tidak mensia-siakan makanan, pentingnya kandungan gizi dalam berbagai makanan seperti sayur dan lauk dan bagaimana menjaga kebersihan kelas selama berlangsungnya makan siang bersama. Do’a sebelum makan dan sesudah makan selalu di pimpin salah satu siswa secara bergiliran. Makan siang dilaksanakan dengan  tertib dan tenang karena tidak diperkenankan bicara dengan sesama teman saat makan berlangsung. Selesai merapikan peralatan makan siang, siswa mengucapkan do’a keluar ruangan dan menuju tempat wudlu dengan berjalan berurutan. Tempat wudlu dibedakan antara putra dan putri. Siswa melakukan wudlu dengan pantauan dan bimbingan guru. Siswa dipersilahkan BAK sebelum mengambil air wudlu. Semua warga sekolah menuju tempat ibadah l untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah. siswa berjalan menuju musholah dengan tenang dan sampai musholah  siswa menaruh sandal dengan rapi lalu masuk musholah  mangabil shof yang masih kosong lalu siswa mengeluarkan juz amma untuk membacanya secara bersama sambil menunggu temannya selesai semua untuk wudhu, setelah cukup waktunya baca juz amma maka iqomat dikumandangkan untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah.

Setelah sholat dhuhur selasai dilaksanakan oleh seluruh siswa maka siswa istirahat sampai jam 13.00. Selama istirahat ada beberapa guru untuk mengawasi siswa yang bermain , selama istirahat siswa ada yang membaca buku ada yang bermain dihalaman sekolah sampai waktunya istirahat habis .

Setelah istirahat siswa menerima pelajaran lagi dari bapak/ibu guru dikelasnya masing-masing, selama ini siswa diajari aklak dan kesopanan dimana siswa berada apabila ketemu gurunya maupun teman selalu menyapa dan mengucapakan salam.

Siswa AL KAUTSAR selalu diajari membiasakan diri untuk gempar membaca buku setiap hari baik berada di sekolah maupun di rumah guna untuk menambah pengetahuan selain pelajaran yang diberikan oleh guru .

Setelah pelajaran jam terakhir selesai pada jam 14.45 maka persiapan untuk melakukan sholat ashar berjamaah seperti pada saat sholat dhuhur maka siswa selalu membaca Juz amma secara bersama-sama sampai iqomat dikumandangkan kemudian melaksanakan sholat berjamaah dengan tertib.

Setelah turun dari musholah siswa masuk kembali kekelasnya masing-masing untuk persiapan pulang yang masih ada waktu 10 menit untuk memasukkan buku dan peralatan tulis dan lain-lain lalu bapak/ibu guru biasanya memberi pengarahan atau evaluasi pada hari itu kemudian diakhiri dengan berdo’a persiapan untuk pulang.

Saat pulang pukul 15.30 siswa keluar dengan teman-temannya keluar satu persatu berjabatan dan cium tangan  dengan bapak/ibu guru yang piket beserta para staf dan berjabat tangan dengan sesama temannya sambil menunggu jemputan orangtua/wali muird masing-masing